Cara Mudah Berbakti kepada Kedua Orang Tua

  • Whatsapp
cara termudah berbakti kepada orang tua

Dua insan yang kerap kali di sapa dengan sebutan ayah, ibu, bapak, ibu, papa, mama, emak, dan sebutan lain-lainnya. Adalah dua insan yang diberikan amanah untuk bersama mengasuh, merawat serta mendidik seonggok daging yang bernafas disebut dengan anak. Mereka berupaya setiap detik untuk memberikan yang terbaik untuk anaknya. Waktu, pikiran, dan jerih payah mereka korbankan hanya untuk anak tanpa terkecuali.

Oleh karena itu sudah menjadi suatu kewajiban menjadi seorang anak berbakti kepada orang tua. Sebagai bentuk pengabdian dan balas budi anak karena telah memberikan yang terbaik untuk kita sebagai anak. Sebagiamana yang tertuang dalam Al-quran surat Al-Isra’ ayat 24:

Read More

Namun pada masa kini dengan keterbukaan informasi dan kemudahan dalam interaksi juga ikut andil dalam mempengaruhi pola perilaku manusia. Sebagai contoh adanya seorang konten creator yang membagikan rekaman momen saat dia ingin memberikan hadiah berupa rumah megah untuk orang tuanya tercinta.  Sebagai bentuk bakti sang anak kepada orang tuanya. Postingan tersebut menuai respon positif dari netizen yang melihatnya. Namun di lain sisi ada memberikan komentar “pasti orang tuanya bahagia banget punya anak seperti itu, apa daya aku hanya karyawan biasa”, “ibuku pasti seneng banget kalo aku bisa ngasih gituan jug”, “apa daya hanya buruh pabrik, mana mungkin bisa gitu”, dan komentar sejenis lainnya.

Hal-hal seperti itu memang memberikan pesan positif untuk senantiasa berbakti kepada orang tua. Namun, di lain sisi akan memberikan dampak pada paham penonton akan hakikat makna berbakti kepada orang tua. Tidak menutup kemungkinan timbul paham bahwa berbakti kepada orang tua harus memberikan materi baik rumah, mobil, perhiasan dan hal lainnya. Jika hal tersebut berkelanjutan dari generasi ke generasi maka bisa saja anak akan di cap tidak berbakti kepada orang tua jika tidak membangunkan rumah untuk orang tuanya.

Oleh karena itu perlunya memahami makna inti dari kata berbakti kepada orang tua. Makna yang dapat dipahami dan diterapkan langsung dengan lebih mudah. Makna yang tidak terikat pada suatu hal yang sifatnya sementara. Dalam Al-Quran Surat Al-Isra’ ayat 24 di jelaskan sebagai berikut:

{وَقَضَى رَبُّكَ أَلا تَعْبُدُوا إِلا إِيَّاهُ وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَانًا إِمَّا يَبْلُغَنَّ عِنْدَكَ الْكِبَرَ أَحَدُهُمَا أَوْ كِلاهُمَا فَلا تَقُلْ لَهُمَا أُفٍّ وَلا تَنْهَرْهُمَا وَقُلْ لَهُمَا قَوْلا كَرِيمًا (23) وَاخْفِضْ لَهُمَا جَنَاحَ الذُّلِّ مِنَ الرَّحْمَةِ وَقُلْ رَبِّي ارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِي صَغِيرًا (24) }

Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan ‘ah’ dan janganlah kamu membentak mereka, dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia. Dan rendahkanlah dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kesayangan dan ucapkanlah, “Wahai Tuhanku, kasihilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku waktu kecil.”

Dalam tafsir Ibnu Katsir dijelaskan ayat ini menjelaskan bagaimana cara berbakti kepada orang tua dengan mudah yaitu sebagai berikut:

1. Berbuat baik kepada orang tua

Yakni berbuat apa saja hal yang baik tIdak terukur dengan materi dan hal mewah. Berbuat baik artinya kita memberikan kebaikan baik dari sikap, perhatian, dan pengertian pada hal-hal kecil yang dapat mendatangkan kebaikan dan kebahagiaan orang tua. Contoh melakukan kebaikan untuk diri kita dan memberikan mereka kabar akan kebahagiaan kita dijalan yang adalah suat kebaiakan dan mendatangkan kebaikan juga kepada orang tua. Seperti bercerita kepada orang tua tes ujianku saat ini sukses, memberi kabar bahwa saat ini sudah diterima kerja di perusahaan X, Dan jenis hal mudah lainnya.

2. Tidak bertindak dan berkata buruk

Berkata dan bertindak sekecil apapun bisa saja menyebabkan kekecewaan orang tua. Seperti contoh “Buk masakannya kok ini-ini terus sih, bosan ah makan ini terus!”. Terdengar remeh namun jika perkataan itu menimbulkan sakit hati pada ibu, itu sudah termasuk dalam bentuk durhaka kepada orang tua.

3. Bertutur kata baik, lembut, sopan dan penuh rasa hormat

Bertutur kata tidak hanya terbentur pada aturan khusus pada suku tertentu. Namun bertutur kata baik dan lemah lembut sudah pasti akan diterima setiap orang bahkan orang tua kita sendiri nantinya.

Dari penjelasan ayat diatas dapat di tarik kesimpulan bahwa berbakti kepada orang tua tidak terpatok pada suatu materi, pada suatu keadaan tertentu. Berbakti bersifat lebih mudah dalam pengaplikasiannya. Pemberian berupa hadiah hanya salah satu cara dalam memberikan bakti anak kepada orang tua. Maka cara termudah dan terbaik dalam berbakti kepada orang tua saat ini adalah berbuat baik dengan apa yang kita saat ini terlepas dari keadaan kita saat ini seperti apa. Tidak harus kaya, tidak harus sudah kerja, tidak harus sudah lulus. Dan selalu upayakan dan usahakan apa harapan kita untuk orang tua.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *