Mewaspadai Penyakit Mental Hubbu Dunya

  • Whatsapp
hubbu dunya
hubbu dunya

Mewaspadai Penyakit Mental Hubbu Dunya. Salah satu penyakit hati yang kerap menyerang kaum Muslim adalah hubbud dunya. Secara terminologi, hubbud dunya artinya cinta terhadap dunia. Sementara secara etimologi, hubbud dunya artinya perasaan cinta yang berlebihan terhadap semua hal yang berbau materi, terutama harta benda.

Baca juga: Adab ke Kamar mandi Sebelum Bangun Tidur

Apa itu Hubbu Dunya?

Mewaspadai Penyakit Mental Hubbu Dunya. Hubbud dunya (Hubbu ad-Dunya) artinya cinta dunia, yaitu menganggap harta benda adalah segalanya. Penyakit Hubbud dunya (cinta pada dunia) berawal dari penyakit iman, yang berakar pada persepsi yang salah bahwa dunia ini adalah tujuan akhir kehidupan, sehingga akhirat dilupakan. Akhirnya, jabatan dan harta dipandang sebagai tujuan, bukan sebagai alat untuk meraih keridhaan Allah Swt, sebagaimana di singgung pada hadis berikut.

“Akan datang suatu masa umat lain akan memperebutkan kamu ibarat orang-orang lapar memperebutkan makanan dalam hidangan.” Sahabat bertanya, “Apakah lantaran pada waktu itu jumlah kami hanya sedikit Ya Rasulullah?”. Dijawab oleh beliau, “Bukan, bahkan sesungguhnya jumlah kamu pada waktu itu banyak, tetapi kualitas kamu ibarat buih yang terapung-apung di atas laut, dan dalam jiwamu tertanam kelemahan jiwa.” Sahabat bertanya, “Apa yang dimaksud kelemahan jiwa, Ya Rasulullah?” Beliau menjawab, “Cinta dunia dan takut mati!”. (HR. Abu Daud).

Hubbud dunya adalah sumber kehancuran umat. Penyakit ini sangat berbahaya karena dapat melemahkan sekaligus menggerus keimanan umat Muslim kepada Allah SWT. Bahkan, Rasulullah SAW sangat risau jika umat-Nya sampai terkena hubbud dunya.

Rasulullah SAW bersabda, “Demi Allah, bukan kemiskinan yang aku khawatirkan akan menimpa diri kalian. Akan tetapi, aku khawatir jika dunia ini dibentangkan untuk kalian sebagaimana ia dibentangkan untuk orang-orang sebelum kalian sehingga kalian berlomba sebagaimana mereka berlomba, dan akhirnya kalian hancur sebagaimana mereka hancur.” (HR Bukhari-Muslim).

Baca: Begini Memahami Arti Khusyu

Penyebab Hubbud Dunya

Mewaspadai Penyakit Mental Hubbu Dunya. Sementara Hubbud dunya disebabkan oleh hal-hal yang terjadi dalam hidup seseorang, mulai dari pengalaman pahit yang mengubah pandangannya mengenai kehidupan.

Terdapat beberapa penyebab seseorang jatuh ke dalam penyakit hati yang satu ini. Adapun di antara penyebab hubbud dunya adalah sebagai berikut:

  1. Menganggap dunia sebagai tujuan, bukan sebagai alat untuk mencapai kehidupan akhirat.
  2. Suka mengumpulkan harta dengan menghalalkan segala cara.
  3. Pelit dan kikir terhadap harta yang dimilikinya.
  4. Tidak rela jika hartanya lepas darinya.
  5. Tidak suka bersedekah dan mendermakan hartanya.
  6. Bersifat tamak dan serakah, yaitu selalu ingin mengumpulkan harta walaupun sudah memiliki.
  7. Tidak mensyukuri nikmat Allah SWT.
  8. Mendewakan kedudukan sosial.

Selanjutnya selain yang sudah disebutkan di atas, sebenarnya masih banyak penyebab hubbud dunya lainnya.

Bahaya Hubbud Dunya

Mewaspadai Penyakit Mental Hubbu Dunya. Selain itu, ada beberapa bahaya yang diakibatkan oleh penyakit Hubbu Dunya bila telah menjangkiti seorang muslim. Beberapa bahaya tersebut antara lain sebagai berikut.

  1. Cinta dunia adalah segala sesuatu yang membuat kita lalai kepada Allah, misalnya, shalat, puasa dan sedekah.
  2. Jika seorang telah dikuasai (hatinya) oleh iblis, maka akan menjadi lemah, iblis akan membolak-balikan hatinya bagaikan seorang anak kecil mempermainkan bola. Karena orang yang mabuk karena cinta dunia tidak akan sadar kecuali setelah berada di dalam kubur.
  3. Cinta dunia merupakan sumber segala kesalahan karena cinta dunia, sering mengakibatkan seseorang cinta terhadap harta benda dan di dalam harta benda terdapat banyak penyakit. Antara lain sifat rakus, tamak, bangga dan angkuh, pamer terhadap yang dimiliki. Orang yang cinta dunia akan sibuk mengurus hartanya dan terus berusaha untuk menambahnya, hingga membuatnya lalai dari dzikir kepada Allah Swt.
  4. Jika orang sudah cinta dunia, maka akan datang berbagai penyakit hati. Ada yang menjadi sombong, dengki, serakah dan cenderung melelahkan diri sendiri memikirkan yang tidak ada. Makin cinta pada dunia, akan makin serakah. Bahkan, bisa berbuat keji untuk mendapatkan dunia yang diinginkannya. Pikirannya selalu dunia, pontang-panting siang malam mengejar dunia untuk kepentingan dirinya.

Cara Menghindari Hubbud Dunya

Akhirnya dikutip dari buku Ilmu Tasawuf: Pengutan Mental-Spiritual dan Akhlak karya Dr. H. Imam Kanafi, M. Ag , hubbud dunya dapat dihindari dengan beberapa cara, yaitu:

  1. Mengingat bahwa hidup di dunia hanyalah sementara (tercantum dalam QS. Al Hadid ayat 20).
  2. Perbanyak mengingat kematian (QS. Ali Imran ayat 185).
  3. Meyakini dan menyadari bahwa setiap tindakan yang dilakukan, direkam oleh seluruh anggota badan. Pada akhirnya, di hari akhir nanti, tangan, kaki, dan lidah akan bersaksi di depan Allah SWT (QS. Fushshilat ayat 20 – 22).
  4. Qana’ah, yaitu rela menerima dan merasa cukup dengan apa yang dimiliki, serta menjauhkan diri dari sifat tidak puas dan merasa kurang yang berlebihan.
  5. Dzikir, yaitu cara yang paling efektif untuk membersihkan hati dan meraih keridhoan Ilahi.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *