Keutamaan Menghadiri Majelis Ilmu Para Ulama

  • Whatsapp
majelis habib umar
majelis habib umar

Keutamaan Menghadiri Majelis Ilmu Para Ulama. Menuntut ilmu adalah amalan yang diwajibkan bagi setiap Muslim. Selain bernilai pahala, menuntut ilmu juga memiliki banyak keutamaan. Diriwayatkan dalam sebuah hadits, Rasulullah SAW bersabda:

“Barang siapa menempuh satu jalan (cara) untuk mendapatkan ilmu, maka Allah pasti mudahkan baginya jalan menuju surga.” (HR. Muslim)

Imam Hasan al-Bashri mengatakan bahwa dunia itu semuanya penuh dengan kegelapan, kecuali majelisnya para ulama.

Baca juga: Mewaspadai Penyakit Hubbu Dunya

Sejatinya, ilmu memang dapat diperoleh dari mana saja, salah satunya melalui majelis ilmu. Dengan menghadiri majelis ilmu, seorang Muslim bisa mempelajari agama Allah dengan baik dan benar.

Menghadiri majelis ilmu juga dapat mendatangkan berkah dan ridho dari Allah Swt. Menurut Rozi Ibnu Syahrowi dalam buku 99 Jalan Meraih Ridho Allah, keutamaan menghadiri majelis ilmu sangatlah besar.

Dalam Islam, ilmu memegang kedudukan yang penting. Ilmu bisa menjadi amal jariyah yang pahalanya tidak akan terputus hingga seseorang meninggal dunia.

Rasulullah SAW bersabda: “Apabila manusia telah meninggal, maka terputuslah amalnya, kecuali tiga perkara; sedekah jariah, ilmu yang bermanfaat, dan anak saleh yang mendoakan kebaikan baginya.”

Mengutip buku Wasiat Rasulullah SAW tentang Anak karya Muhammad Wifaqul, ada banyak keutamaan menghadiri majelis ilmu di antaranya sebagai berikut:

1.Dimudahkan jalannya menuju surga

Keutamaan Menghadiri Majelis Ilmu Para Ulama. Orang yang keluar dari rumahnya untuk menuntut ilmu akan dimudahkan jalannya menuju surga. Dalam sebuah hadits, Nabi SAW pernah bersabda:

“Barang siapa menempuh jalan menuntut ilmu, maka Allah akan memudahkan jalannya untuk menuju surga.” (HR At- Tirmidzi, Abu Daud, disahihkan Al-Albani dalam Sahih Abu Daud).

2.Mendapatkan ketenangan dan rahmat dari Allah Swt

Ketenangan hati akan didapatkan seorang Muslim ketika menghadiri majelis ilmu. Ia akan dilimpahi rahmat serta karunia oleh Allah Swt. Bahkan, malaikat pun turut memuliakannya.

Rasulullah SAW bersabda: “Tidaklah suatu kaum berkumpul di salah satu rumah dari rumah-rumah Allah (masjid) membaca Kitabullah dan saling mempelajarinya, melainkan akan turun kepada mereka sakinah (ketenangan), mereka akan dinaungi rahmat, mereka akan dilingkupi para malaikat dan Allah akan menyebut-nyebut mereka di sisi para makhluk yang dimuliakan di sisi-Nya” (HR. Muslim no. 2699).

3.Termasuk jihad fii sabilillah

Menghadiri majelis ilmu termasuk bagian dari jihad fi sabilillah. Dalam sebuah hadits, Nabi SAW bersabda:

مَن دخَل مسجِدَنا هذا لِيتعلَّمَ خيرًا أو يُعلِّمَه كان كالمُجاهِدِ في سبيلِ اللهِ ومَن دخَله لغيرِ ذلكَ كان كالنَّاظرِ إلى ما ليس له

“Barangsiapa yang memasuki masjid kami ini (masjid Nabawi) untuk mempelajari kebaikan atau untuk mengajarinya, maka ia seperti mujahid fi sabilillah. Dan barangsiapa yang memasukinya bukan dengan tujuan tersebut, maka ia seperti orang yang sedang melihat sesuatu yang bukan miliknya” (HR. Ibnu Hibban no. 87, dihasankan Al Albani dalam Shahih Al Mawarid, 69).

Baca juga: Faidah Muhasabah Bagi Seorang Mulim

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *