Fadhilah Ramadhan Membaca al-Qur’an

  • Whatsapp

Fadhilah Ramadhan Membaca al-Qur’anBulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah. Bulan di mana semua amalan dan ibadah akan mendapatkan ganjaran yang berlipat ganda. Salah satu amalan yang dianjurkan oleh Rasulullah ketika masuk bulan Ramadhan adalah memperbanyak membaca Al-Qur’an.

Membaca Al-Qur’an di bulan Ramadhan pahalanya akan dilipatgandakan, hal itu merupakan salah satu keutamaan dari bulan Ramadhan yang suci ini. Meskipun demikian, banyak juga ibadah-ibadah lain yang bisa dikerjakan di bulan Ramadhan dan akan mendapatkan pahala yang berlipat juga.

Baca juga: Keutamaan Rahmat Allah SWT

Melansir dari berbagai sumber, berikut ini merdeka.com merangkum informasi tentang keutamaan membaca Al-Qur’an di bulan Ramadhan yang perlu kita ketahui.

Keutamaan Membaca Al-Qur’an di Bulan Ramadan

1. Memperoleh Ketenangan dan Dinaungi Malaikat

Fadhilah Ramadhan Membaca al-Qur’an — Salah satu keutamaan dari membaca Al-Qur’an di Bulan Ramadan seraya mempelajari isinya, yaitu dapat memperoleh ketenangan dan dinaungi oleh para malaikat. Keutamaan tersebut sebagaimana disebutkan dalam hadits riwayat Abu Hurairah r.a.

وَمَا اجْتَمَعَ قَوْمٌ فِي بَيْتٍ مِنْ بُيُوتِ الله، يَتلُونَ كِتَابَ اللهِ، وَيَتَدَارَسُوْنَهُ بَيْنَهُمْ إِلَّا نَزَلَتْ عَلَيْهِمُ السَّكينة، وغَشِيتْهُمُ الرَّحْمَةَ وَحَفَتُهُمُ الْمَلَائِكَةَ، وَذَكَرَهُمُ الله فيمَنْ عِنْدَهُ. رواه مسلم

Artinya: “Tidaklah suatu kaum berkumpul di satu rumah di antara rumah-rumah Allah (masjid), kemudian mereka membaca kitab Allah (Al-Qur’an) dan saling mempelajarinya, melainkan akan turun atas mereka sakinah (ketenangan) dan Allah meliputi mereka dengan rahmat, mereka akan dinaungi para malaikat, dan Allah akan membanggakan mereka di hadapan para malaikat.” (HR Muslim).

2. Pahala Satu Huruf Dibalas Sepuluh Kebaikan

Fadhilah Ramadhan Membaca al-Qur’an — Di antara keutamaan membaca Al-Qur’an di bulan Ramadan akan dilipatgandakan pahalanya. Satu huruf yang dibaca akan diberi balasan dengan satu kebaikan dan dilipatkan menjadi sepuluh kebaikan. Hal tersebut sebagaimana termaktub dalam salah satu riwayat hadits berikut:

عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنَ مَسْعُودٍ رضى الله عنه يَقُولُ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم مَنْ قَرَأَ حَرْفًا مِنْ كِتَابِ اللَّهِ فَلَهُ بِهِ حَسَنَةٌ وَالْحَسَنَةُ بِعَشْرِ أَمْثَالِهَا لَا أَقُولُ الم حَرْفٌ وَلَكِنْ أَلِفٌ حَرْفٌ وَلَامٌ حَرْفٌ وَمِيمٌ حَرْفٌ

 

Artinya: “Abdullah bin Mas’ud r.a. berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, ‘siapa yang membaca satu huruf dari Al-Qur’an maka baginya satu kebaikan dengan bacaan tersebut, satu kebaikan dilipatkan menjadi 10 kebaikan semisalnya dan aku tidak mengatakan الٓمٓ (Alif Lam Mim) satu huruf, melainkan Alif satu huruf, Lam satu huruf, dan Mim satu huruf.” (HR Tirmidzi).

3. Diharamkan dari Sifat Dengki

Fadhilah Ramadhan Membaca al-Qur’an — Dalam buku Kitab Keutamaan karya Imam Abu Zakaria Yahya bin Syarif An-Nawawi, disebutkan dalam suatu hadits bahwasannya umat muslim yang membaca Al-Qur’an akan diharamkan dari sifat dengki oleh Allah SWT.

وعن ابن عمر رضي الله عنهما عن النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وسَلَّم قال لا حَسَدَ إلا في اثنتين رجُلٌ آتَاهُ اللَّه القُرآنَ فَهوَ يقومُ بِهِ آنَاءَ اللَّيلِ وَآنَاءَ النَّهَارِ وَرَجُلٌ آتَاهُ اللَّه مالا فهو يُنْفِقهُ آنَاءَ اللَّيْلِ وَآنَاءَ النهار متفق عليه. والآناء الساعات

 

Artinya: Dari Ibnu Umar r.a berkata bahwa Nabi SAW bersabda, “Tidak dihalalkan dengki itu, melainkan terhadap dua macam orang, yaitu orang yang diberi kepandaian oleh Allah SWT dalam hal Al-Qur’an, lalu ia berdiri dengan Al-Qur’an itu (membaca sambil memikirkan dan mengamalkannya) di waktu malam dan waktu siang, juga seorang yang dikaruniai oleh Allah akan harta lalu ia menafkahkannya di waktu malam dan siang untuk kebaikan.” (Muttafaq ‘alaih).

Kini, umat muslim dapat dengan mudah mengamalkan Al-Qur’an di bulan Ramadan untuk meraih keutamaan-keutamaan tersebut. Cara terbaik saat mengamalkan Al-Qur’an, yaitu dengan membaca dan memahami isi kandungannya.

Manfaat lain dari membaca Al-Qur’an dapat memberikan syafaat pada hari kiamat nanti, sebagaimana hadis yang menyatakan: “Bacalah Al-Qur’an karena sesungguhnya akan datang Al-Qur’an pada hari kiamat dan memberikan syafaat kepada para pembacanya.” (HR. Muslim).

Baca juga: Keburukan Dosa dan Cara Menghapusnya

Begitu banyak manfaat dari membaca Al-Qur’an, maka seorang muslim dapat membuat target khataman Al-Qur’an, karena sesungguhnya banyak sekali pahala khatam Al-Qur’an di bulan Ramadan. Setelah kita mampu untuk membaca Al-Qur’an dengan tajwid yang baik dan benar, maka amalan berikutnya adalah memahami dan mengamalkan isinya. Dengan melakukan hal-hal tersebut, semoga dengan izin Allah akan banyak manfaat dan barakah yang akan kita dapatkan.

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *